Jumat, 25 Desember 2009

Tips 9 : Cara Membuat Blog

Sampai sejauh ini kita telah banyak mempelajari bagaimana menambah script kode html untuk mempercantik dan melengkapi blog kita, tapi saya juga lupa kalau sebenarnya masih banyak yang belum tahu, blog itu apa dan bagaimana cara membuatnya, karena mereka masih mengganggap bahwa blog sulit dibuat, dan perlu biaya banyak untuk membuatnya.

Kalau anda memang masih belum tahu dan mengerti bagaimana cara untuk membuat blog, saya akan jelaskan cara sederhana untuk membuat blog, hanya saja jangan mengharapkan anda langsung dapat memperoleh blog yang seperti punya saya.

Pelajari dulu langkah dibawah ini, kalau sudah bisa baru pelajari semua scrip kode html yang telah saya posting, okey.....? mari kita mulai belajar .......

Saya merekomendasikan sebagai awal memakai http://www.blogger.com, yang merupakan server gratis yang cukup canggih kepunyaan Google.
Sebagai mesin pencari yang handal nama Google sudah tidak perlu diragukan lagi dan server blogger.com pasti bukan asal-asalan saja.

Untuk membuat blog dengan google blogger.com sangat mudah, dalam hitungan 45 menit anda sudah dapat membuatnya.

#01. Anda harus mempunyai account email di .gmail.com, saya tidak perlu menjelaskan cara membuat email, karena anda semua pasti bisa.

#02. Anda berkunjung ke http:/www.blogger.com, kemudian anda masukkan akun google yang telah anda punya, yaitu alamat email dan password anda, selanjutnya klik menu "Buat blog".

#03. Tampilan berikutnya adalah form untuk akun blog anda, yang harus anda isi adalah :
Alamat email google anda, 2 x sebagai verifikasi.
Buat password anda, boleh password email atau password lainnya, ulangi mengisi password untuk verifikasi.
Isi nama tampilan, pilih nama yang benar ... jangan asal ngisi, karena kalau anda rubah lagi, akan menyulitkan data base blogger, dan makan waktu lama untuk menampilkan perubahannya (saya sudah mengalaminya).
Isi verikasi kata yang tampil, anda ketik pada kotak yang tersedia, persis seprti kata yang tampil tersebut.
Kalau sudah selesai, klik menu lanjutkan.

#04. Buat judul blog dan alamat blog, sebelum itu anda harus memeriksa dulu, apakah nama blog yang anda pilih sudah dipakai orang lain atau belum. Bila belum dipakai orang lain, anda dapat terus mengisi alamat blog, tapi bila nama blog anda sudah ada yang punya, anda harus mengganti sampai tidak ada yang mempunyainya. Setelah itu klik menu lanjutkan.

#05. Pilih template, yang merupakan tampilan blog anda nantinya, sebagai bahan pertimbangan anda harus sesuaikan template dengan tema blog anda, bila tentang restaurant, jangan pakai template untuk mobil, aneh jadinya.
Kemudian kolom template ada 4 macam, mulai dari 1 kolom sampai 4 kolom. Kalau anda memerlukan banyak artikel dan iklan lebih baik pilih kolom yang banyak, tapi bila tidak terlalu diperlukan gambar atau artikel dan iklan, lebih baik pilih 2 kolom. Anda harus pikirkan dengan baik-baik, karena kalau anda tidak puas untuk mengubahnya perlu waktu yang cukup lama.
Setelah anda menentukan pilihan, klik menu lanjutkan... maka blog anda sudah selesai dan siap untuk di isi dengan artikel, gambar atau lainnya.

Saya memang tidak melengkapi dengan gambar ilustrasi, karena akan panjang, tapi kalau anda ingin yang lengkap, anda boleh mendapatkannya nanti (berupa ebook) pada tanggal 04 Januari 2010, secara gratis, sebagai hadiah awal tahun yang lebih cerah, sementara yang ini dulu saja yah.....

Bagaimana, mudah bukan.... selamat untuk anda.. dan sukses selalu.....





Artikel tutorial yang berhubungan :

  • 1. Cara membuat buku tamu




  • 2. Cara membuat judul posting favorit




  • 3. Cara membuat Favicon




  • 4. Cara membuat Drop capital




  • 5. Cara membuat Digital signature




  • 6. Cara membuat Related post




  • 7. Cara membuat Read more




  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan