Kamis, 17 Desember 2009

Tips 8 : Buku Tamu


Dalam suatu blog, buku tamu sangat penting perannya, tanpa buku tamu kita tidak akan tahu siapa saja yang berkunjung di blog kita, selain itu buku tamu juga berguna untuk menampilkan komentar dari para tamu yang berkunjung, sehingga makin mempermudah komunikasi antara kita sebagai pemilik blog dengan para tamu.

Sebenarnya pada bagian akhir setiap posting saya, sudah disediakan kotak untuk membuat komentar, tapi lebih baik jika diberikan alternatif buku tamu, karena ada tamu yang suka mengisi dibagian akhir, tapi ada juga yang mengisi setelah membaca bagian side bar.

Membuat buku tamu sangat mudah, tidak memerlukan keahlian khusus dalam penulisan HTML, yang penting kita mau belajar untuk mengerjakannya.

Bagaimana... anda mau belajar ?, okey kita mulai langkah demi langkah ......, anda pasti bisa...

1. Mula-mula anda kunjungi situs http://www.shoutmix.com, saya memerkomendasikan situs ini karena bagus dan juga gratis, selain itu tahapannya mudah, sehingga siapapun anda pasti dapat mengerti. Disini saya tidak memberikan link, anda cari saja di internet. Bila ketemu anda akan dihadapkan dengan layar utama seperti dibawah :






2. Anda klik menu "create shoutbox", lalu isi form yang telah disediakan, isilah dengan benar, jangan asal mengisi saja. Setelah selesai mengisi, anda centang pada kotak "I have read and agree to the Terms of service", baru klik "Continue".







3. Jika anda berhasil, akan ada layar baru yang berisi ucapan terima kasih bahwa anda telah menggunakan shout box. Jika belum, berarti ada yang salah dengan data anda, mungkin ada yang masih belum terisi, anda dapat kembali untuk memperbaikinya.

4. Selanjutnya anda klik tulisan "get codes" yang bercetak tebal, sistim akan membuat kode HTML anda. Copy kode HTML tersebut untuk nanti diletakan pada blog anda.






5. Buka blog anda, masuk ke Dashboard, klik Tata letak, Laman halaman, dan Tambah gadget. Cari edit HTML/Java Sript, lalu paste kode HTML yang telah anda dapat tadi dari shoutmix. Setelah itu klik simpan.





 
Jika anda lihat blog anda, pada sisi kanan ( side bar ) buku tamu anda telah tampil.
Mungkin kotak buku tamu yang terlihat kurang sesuai dengan ukuran atau tampilan blog anda, koak tersebut dapat anda perbaiki ukurannya dengan mengganti width dan height, sampai ukurannya sessuai dengan keinginan anda.






6. Jika anda ingin agar pengunjung memberi tambahan gambar smiley setelah memberi komentar, dapat klik tanda plus (+) disamping tulisan "shout", maka akan terlihat gambar smiley, dan mereka dapat meletakan gambar tersebut disamping komentarnya... keren kan ?.








Bila tanda (-) diklik, maka gambar smiley akan tersembunyi lagi. Sedangkan untuk mengirim komentar atau pesan, dapat klik tulisan "shout".

Bagaimana, mudah kan ...., teruslah belajar.... dan semoga tips ini berguna bagi anda... sukses selalu menyertai anda.






Artikel yang berhubungan dengan tips tutorial :

  • 1. Cara membuat judul posting favorit


  • 2. Cara membuat Favicon


  • 3. Cara membuat Drop capital


  • 4. Cara membuat Digital signature


  • 5. Cara membuat Related post


  • 6. Cara membuat Read more



  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan