Rabu, 10 Maret 2010

Tahapan perjalanan Internet Marketer

Saya tertarik dengan salah satu bagian pendapat yang diutarakan oleh Stuart Tan, salah satu internet marketer yang sukses, yaitu tentang tahapan yang harus dilalui oleh seorang internet marketer.

Saya mengutip sebagian dari pendapatnya itu yang pasti berguna bagi kita semua, kita dapat mengetahui posisi kita ini dimana dan apa yang harus kita lakukan untuk menuju tahapan berikutnya.

Inilah informasi yang dapat mendorong kita agar lebih maju....

Ada 8 (delapan) tahapan umum yang harus dilalui oleh para internet marketer, baik pemula maupun yang sudah berhasil :

#01. Tahap belajar awal.
Anda mungkin sudah melalui tahap ini, karena bila kita sudah memutuskan untuk terjun di bisnis internet, pasti akan belajar dulu sebanyak-banyaknya tentang bisnis internet dan internet marketer. Mungkin sekarang anda sudah overload belajarnya.

#02. Tahap bingung.
Begitu banyak informasi yang kita dapat, menyebabkan kita bingung mana yang harus di ikuti, apalagi bila informasi tersebut bertolak belakang. Akhirnya kita mengikuti salah satu yang kita anggap benar dan cocok untuk kita, tapi... hasilnya mengecewakan, coba yang lain, tetap belum berhasil, kita bingung tidak tahu mesti melakukan apa.
Tahap ini sangat menentukan kita berhenti atau terus bertahan.

#03. Tahap penelitian atau membuat produk.
Bila seseorang memutuskan untuk bertahan, pasti akan melakukan penelitian, mengapa gagal, mengapa tidak sesuai harapan. Setelah menemukan masalah dan jalan keluarnya, baru memikirkan untuk membuat produk. Bagaimana cara untuk membuat produk dapat anda baca pada e-Book saya, 5 cara membuat e-Book ( dapat di download gratis ), lihat arsip artikel yang telah saya posting bulan Februari 2010.

#04. Tahap membuat daftar.
Setelah mempunyai produk, tahap berikutnya adalah membuat daftar siapa saja yang memerlukan produk tersebut. Prinsip untuk mendapatkan daftar tersebut, berilah pengunjung dengan informasi yang berguna sampai mereka merasa sayang melewatkan informasi kita.

#05. Tahap konsolidasi.
Pada tahap ini kita mungkin merasa tidak dapat maju lagi, kurang ide, tidak bisa kreatif lagi, disini kita harus mulai berkonsultasi dengan orang yang lebih berhasil dari kita. Ikuti seminar online, forum diskusi, group panel, agar kita mendapat ide yang segar.

#06. Tahap perubahan.
Kita sudah mendapat ide segar, kreatifitas muncul kembali, kita juga harus merubah tampilan blog atau website agar baru dan segar, pengunjung akan kaget melihat perubahan situs dan artikel kita yang lebih menarik.

#07. Tahap pertumbuhan.
Sudah saatnya kita memikirkan membuat blog atau website yang lain, sebagai menunjang dan melengkapai blog atau website yang sudah kita miliki. Buat tema berbeda tetapi saling melengkapi.

#08. Tahap perkembangan strategi bisnis.
Begitu kita memasuki tahap pertumbuhan, kita sudah harus memikirkan strategi apa yang harus dipakai agar, situs kita dapat sinergi dan tumbuh bersama. Strategi itu akan timbul dengan sendirinya karena kita sudah melalui 7 tahapan yang mungkin menguras pikiran serta kreatifitas kita.

Menarik bukan...?, sekarang anda dapat mengevaluasi, saat ini anda berada pada tahapan mana, anda dapat mulai merencanakan apa yang harus dilakukan agar dapat segera menuju ke tahapan berikutnya.

Selamat mengevaluasi dan sukses untuk anda .........






Ruddy Harjanto

Artikel yang berhubungan :

0 komentar:

Poskan Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan