Kamis, 03 Desember 2009

Berapa Panjang Artikel Yang Efektif ?

Kita sering mendapatkan orang yang susah menulis suatu artikel, entah karena kesulitan ide, bingung mau menulis dari mana atau takut tulisannya terlalu pendek, seakan-akan tidak berbobot.

Panjang artikel memang tidak ada aturannya, tidak akan ada yang melarang mau menulis 3 bab, 10 bab atau hanya 10 baris. Yang harus diperhatikan adalah judul / topik tulisan harus sesuai dengan yang ditulis, nyambung..., bila tidak, sepanjang apapun tulisannya, tidak akan dimengerti oleh pengunjung.

Hanya saja menurut beberapa penulis artikel, panjang tulisan yang umum berlaku adalah antara 250 sampai 1000 kata, bila lebih sebaiknya dibuat berseri.

Memang mesin pencari seperti Google, Yahoo atau MSN tidak terlalu memperdulikan panjang atau pendeknya artikel, yang dilihat adalah banyaknya "link" yang ada didalamnya.

Ilustrasi dibawah ini menunjukkan bahwa siapapun yang menulis suatu artikel tidak perduli panjang atau pendek, asalkan bermutu dan berguna bagi pengunjung, pasti akan ramai didatangi.

Seorang wartawan di Amerika melakukan penelitian terhadap artikel yang telah diposting, yang satu cukup panjang, sehingg kalau dibaca sampai habis harus 7 kali klik, isinya berbobot dan penuh informasi, sedangkan yang satunya pendek, hanya 1/2 halaman, isinya merupakan ulasan singkat tentang topik artikel tersebut, tetapi memuat 20 link ke situs lain yang berhubungan. Ternyata yang berkunjung ke artikel pendek lebih banyak 50% dibandingkan artikel yang panjang.

Alasannya apa ?, hanya karena pengunjung malas untuk membaca artikel dengan 7 kali klik, sehingga kebanyakan tidak membaca sampai selesai. Sedangkan yang berkunjung ke artikel pendek mengatakan mereka suka mendapatkan link yang banyak, yang menambah pengetahuan mereka.

Jadi... mengapa anda harus takut menulis artikel yang pendek? ada dialog yang menarik pada film " Finding Forrester " yaitu : " You must write your first draft with heart, and rewrite with your head ". Yang berarti : " Anda harus menulis dengan hati dan menyuntingnya dengan pikiran......."

Semoga anda sukses selalu ........






Artikel yang berhubungan :


Anda juga dapat berkunjung ke tempat belajar ini
untuk mendapatkan panduan menulis.


0 komentar:

Poskan Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan