Jumat, 01 Januari 2010

Selamat Datang 2010



Tahun 2009 telah berlalu, kita akan memasuki tahun 2010, apakah kita telah mempelajari apa yang telah terjadi pada blog kita selama tahun 2009 yang lalu?.

Banyak yang telah kita lakukan, banyak yang membuat kita marah, jengkel, sedih, kecewa, tertawa maupun bergembira karena keberhasilan kita. Pada saat kita menengok lagi perjalanan blog dan bisnis internet kita apa yang kita jumpai ?





Tentu saja tidak semuanya mulus, ada yang gagal dan ada yang berhasil, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah : " Berapa banyak yang berhasil ?, apa saja yang telah kita lakukan?" ...


Untuk itulah kita harus melakukan checklist pada blog dan bisnis kita :





Checklist tersebut  mengenai semua yang telah kita lakukan, tujuannya untuk mengetahui apa yang membuat kita gagal dan apa yang membuat kita berhasil.

  • Berapa banyak artikel yang telah kita posting?
  • Berapa banyak e-book atau produk lain yang telah kita luncurkan?
  • Iklan apa saja yang kita pasang? dan mengapa iklan itu yang kita pasang?
  • Berapa banyak pengunjung yang datang?
  • Berapa banyak komentar pengunjung dan apa saja yang mereka komentari?
  • Apa sebenarnya yang dicari pengunjung?
  • Apa saja yang telah dibeli pengunjung, dan mengapa hanya produk itu?

Dan masih banyak pertanyaan lain yang lebih spesifik, seperti :
  • Apakah harga produk kita terlalu mahal ?
  • Apakah produk kita memang bermutu?
  • Nilai tambah apa yang kita berikan pada pengunjung kalau membeli produk kita?

Pada umumnya dalam blog ada 3 kelompok masalah yang sering dihadapi, yaitu :
  • Pengunjung datang dan pergi tanpa berkomentar apapun.
  • Pengunjung datang meninggalkan komentar tanpa membeli apapun.
  • Tidak ada pengunjung yang datang.

Dan jawabannya hanya 1, anda memerlukan blog yang berkualitas, dalam hal apa ?
  • Isi blog.
  • Produk yang diluncurkan.

Bagaimana dengan tahun 2010, apakah kita telah mempunyai harapan untuk melakukan hal baru?




Apakah kita telah mempunyai kartu truff untuk memenangkan kompetisi tahun 2010 ini?, apakah semua masih merupakan misteri yang harus kita jalani tanpa tujuan?.

Menurut koran Kompas tanggal 30-12-09, olahraga memasuki jalan yang suram di tahun 2010 ini, kemudian tanggal 31-12-09, biaya makin naik dan tanggal 02-01-10, biaya pelabuhan, pupuk, dan yang berhubungan dengan sektor pertanian akan meningkat biayanya. Gambaran yang pesimistis dan suram...

Bagaimana dengan bisnis internet di tahun 2010, apakah demikian juga, atau malahan sebaliknya, makin cerah dan banyak harapan?





Bila dibandingkan dengan bisnis offline, bisnis online mempunyai prospek yang lebih cerah, mengapa?, meskipun yang mengerti internet sudah banyak, tetapi sebagian besar lebih menyukai fb, twitter, friendster, youtube dan lainnya, diantara mereka masih banyak yang belum tahu cara membuat blog, website atau bahkan bisnis internet.

Jika kita mencari di mesin pencari yang berhubungan dengan blog yang berbahasa Indonesia, hanya mencapai ratusan ribu, lain dengan yang berbahasa Inggris, sudah mencapai puluhan juta.

Jadi kalau anda sudah memutuskan untuk tetap dijalur bisnis online, berarti anda sudah berada pada jalan yang benar, hanya tinggal mempunyai komitmen yang tinggi untuk mengembangkan blog anda agar lebih baik dari tahun 2009.

Bagaimana caranya?, anda sudah membuat checklist diatas, sudah mempelajari apa sebabnya terjadi kegagalan dan mana yang telah berasil. Tugas anda dan kita semua adalah mempertahankan yang sudah berhasil dan memperbaiki yang meyebabkan kegagalan.

Pada artikel berikutnya saya akan memposting 4 cara agar mudah mendapatkan momentum semangat anda.



Semoga evaluasi anda berhasil dan sukses selalu untuk anda....






Artikel yang berhubungan :


0 komentar:

Poskan Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan