Jumat, 26 Maret 2010

Kredibilitas seorang blogger

Kredibiltas... sering kita dengar dan sangat diperlukan dalam suatu perusahaan, demikian juga dengan bisnis internet, perlu dibentuk dan ditingkatkan. Kredibilitas adalah : "Sikap dari seseorang yang dapat membuat kepercayaan orang lain makin meningkat dan yakin akan kemampuannya". Jadi bila kita ingin dipercaya oleh orang lain, kita harus mempunyai yang satu ini.

Orang yang mempunyai kredibilitas tinggi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Sikap terbuka
  2. Integritas
  3. Kompeten
  4. Bijaksana
  5. Ramah

01. Sikap terbuka.
Apa yang diucapkan, sama dengan yang dilakukan, tidak ada yang disembunyikan, tranparan. Untuk blog, identitas yang jelas perlu diungkapkan, usahakan jangan foto identitas menggnakan gambar kartun.

02. Integritas.
Menjadi satu dengan peraturan atau misi perusahaan dan menjunjung tinggi kebersamaan dengan menghargai rekan kerja.
Untuk blog, buatlah postingan yang tidak menyinggung orang lain, meskipun tidak menyetujui pendapat sesorang, beri solusi yang membantu.

03. Kompeten.
Kuasailah tugas dan tanggung jawab yang dibebankan pada kita, belajar terus, agar orang yakin bahwa kita mampu melakukan semua itu karena memang mengerti, bukan asal kerja.
Untuk blog, sebelum memposting artikel periksa dan evaluasi kebenarannya, kalau perlu adakan riset kecil, sehingg hasil postingan kita akan berbobot dan mengandng kebenaran.

04. Bijaksana.
Bila tidak setuju dengan pendapat seseorang jangan buru-buru menyerang orang tersebut, pelajari dulu mengapa orang tersebut mempunyai pendapat demikian, baru berikan alasan kita tidak menyetujuinya.
Untuk blog, aturlah kata-kata yang dipergunakan dalam postingan, agar tidak menimbulkan persepsi yang lain bagi pengunjung. Beri masukan yang berarti ntuk pengunjung.

05. Ramah.
Mau menerima kritikan yang masuk dan mencernanya, agar dapat membuat kita lebih baik dan lebih berkembang.
Untuk blog, isi atau konten blog usahakan yang netral, tidak kontroversi, pakai kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti pada artikel yang akan diposting.

Bila kita dapat meningkatkan kredibilitas, maka bisnis kita akan lebih lancar dan orang akan lebih percaya pada kita, karena orang akan membeli karena :
  1. Mereka memang butuh.
  2. Percaya pada kita.

Jika anda berhenti belajar, maka anda akan mengalami kesulitan dalam jangka waktu dekat.

Jika anda berhenti mengatur strategi, maka anda akan mengalami kesulitan dalam jangka waktu menengah.

Jika anda berhenti berinovasi, maka anda akan mengalami kesulitan dalam jangka waktu yang panjang.... ( Stuart Tan ).


Mari... kita tingkatkan kredibilitas kita...., sukses selalu menyertai anda.






Ruddy Harjanto


Artikel yang berhubungan :

0 komentar:

Posting Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan