Sabtu, 09 Januari 2010

Inilah 4 Sikap Dasar Manusia Yang Harus Kita Ketahui

Kita pasti mempunyai banyak teman yang sifatnya sangat berbeda atau sangat sama, ada yang pendiam, pemarah, sok tahu, jenaka dan ada juga yang suka memerintah tapi tidak mau bekerja.

Terus apa hubungannya dengan bisnis internet?, tentu saja ada, justru sifat dasar manusia inilah yang dapat menentukan bisnis internet kita berhasil atau gagal.

Sifat dasar manusia ( Florence L : Personality Plus ), adalah :
  1. Koleris
  2. Sanguinis
  3. Melankolis
  4. Flegmatis

Kita akan pelajari sifat dasar manusia ini dan apa hubungannya dengan bisnis internet kita :

#01. Koleris
Merupakan sifat orang yang telalu percaya pada diri sendiri, merasa dirinya yang paling benar, orang lain salah. Koleris suka memerintah orang lain untuk menuruti apa yang dia rencanakan dan apa yang dia katakan. Tidak suka dibantah dan keras kepala. Cocok untuk menjadi pemimpin, berani mengambil resiko dan cepat dalam bertindak.

#02. Sanguinis
Mereka yang termasuk sanguinis mempunya sifat yang periang, ceria, suka menjadi pusat perhatian orang lain, malas bekerja, tetapi biasanya apa yang ditugaskan padanya, selalu selesai. Karena dia mudah sekali mendapat bantuan orang lain, sehingga malahan orang lain yang bekerja untuk dia dengan sukarela.

#03. Melankolis
Orang yang sangat teliti, selalu sesuai aturan, hanya saja terlalu banyak memikir sebelum bertindak, sehingga sering melewatkan kesempatan yang datang. Tidak suka mengambil resiko, mereka selalu mengambil jalan yang aman dan lebih suka bekerja dibelakang layar.

#04. Plegmatis
Mereka tergolong orang yang pasif, kurang kreativitas, pendiam, pemalu, tidak suka menonjolkan diri. Tidak berani mengambil keputusan, selalu menunggu orang lain bertindak. Kelebihannya, banyak disukai orang karena tidak pernah menyakiti orang lain dan suka membantu.

Sekarang kita tinggal mencocokkan, termasuk kelompok yang mana kita ini, sebenarnya manusia tidak hanya mempunyai satu sifat dasar, kebanyakan merupakan kombinasi dari dua atau tiga sifat, tetapi ada yang paling menonjol.
Tinggal bagaimana kita dapat membuat supaya sifat tersebut dapat seimbang, ambil kelebihan masing-masing sifat dan hilangkan kekurangannya.

Dalam bisnis, cara tiap kelompok beda dalam pelaksanaannya, masing-masing dikenal :
  1. My Way untuk Koleris.
  2. Easy Way untuk Sanguinis
  3. Perfect Way untuk Melankolis
  4. Hard Way untuk Plegmatis.

May Way
Yang benar adalah jalan dan cara saya, kamu salah, karena saya lebih tahu dari pada kamu. Kerjakan saja tanpa protes.

Easy Way
Kalau cara kamu lebih baik, tolong kerjakan, saya sih setuju saja, tapi ... saya ikut andil lho dalam hasilnya...:)

Perfect Way
kamu harus mengikuti aturan, tidak boleh melenceng, walaupun lama menghasilkan, tidak masalah, yang penting sesuai aturan.

Hard Way
Saya tidak tahu caranya, saya tidak bisa karena tidak punya pengalaman dan tidak punya ide. Saya belajar dari kamu saja.

Dengan mengetahui sifat dasar manusia ini, kita dapat memperbaiki kinerja bisnis kita, supaya lebih baik dan dapat berkembang terus.

Semoga berhasil dan sukses untuk anda .....





Artikel yang berhubungan :


0 komentar:

Posting Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan