Minggu, 13 Desember 2009

Tips 5 : Menyimpan artikel dalam format PDF


Tidak semua pengunjung atau pembaca artikel kita mempunyai program PDF, mereka kadang-kadang ingin menyimpan artikel yang kita posting, tapi tidak bisa. Kalau langsung di print out ada 2 kemungkinan :
  • Hasil print out sudah baik, karena sudah disetting dulu sebelum di posting.
  • Hasil print out tidak sesuai dengan tampilan dilayar.

Untuk itu kita akan membuat script html untuk menampilkan menu save ke format PDF, jadi pengunjung dapat langsung menyimpan dengan sekali klik. Hanya saja program untuk membaca file PDF tetap diperlukan.

Okey... mari kita mulai belajar membuat menu "save as PDF".......

Kita akan menggunakan aplikasi yang canggih, tapi gratis, yaitu PDF Online, website ini meluncurkan 2 produk, yaitu free dan premium, kita akan ambil yang free saja.

Anda masuk ke http://www.pdfonline.com, dan sign up dulu untuk menjadi membernya, dan anda akan diminta untuk mengisi nama serta alamat email anda.






Setelah menjadi member, anda langsung sign in, dan masuk ke halaman utamanya, pilih menu Web2pdf Online, maka akan muncul layar sebagai berikut :







 

Selanjutnya anda klik menu "generate the java script", tunggu sebentar sampai selesai, lalu anda copy kode html yang sudah terbentuk.




 
Anda kembali ke blog dan masuk ke tata letak, tambah gadget, kemudian anda paste kode HTML dari PDF Online kedalam kotak yang tersedia, sebaiknya judul tidak perlu di isi, kecuali anda merasa lebih baik ada 2 bahasa, dengan bahasa Indonesia dan Inggris.







Kemudian anda simpan, dan pada sisi kanan ( side bar )  anda akan terlihat kotak kecil dengan tulisan "Save page as PDF"





Bagaimana, mudah bukan ?......, semoga pelajaran ini berguna dan sukses selalu menyertai anda.







0 komentar:

Posting Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan