Selasa, 29 Desember 2009

Tips 10 : Copy Protect


Anda masih ingat pada saat saya memposting artikel Copy Writer, saya berjanji akan memposting tips tutorial tentang cara melindungi artikel anda dari copy paste pada tips yang ke : 10, inilah saatnya saya menepati janji.

Cara yang satu ini tidak mutlak 100% melindungi artikel anda, karena kalau orang nekad mencari jalan untuk mengcopy, bisa saja.  Tapi cara ini cukup efektif, karena pada sidebar sebelah kanan ada banner yang memberi peringatan agar orang tidak mengcopy dengan sembarangan.
Selain itu cara membuatnya mudah dan kalau berhasil, kita dapat melacak siapa yang telah mengcopy artikel kita.



Anda sudah siap...?, baiklah kita mulai membuat aksesories blog yang dapat membuat kita tenang dan tidak kuatir ada yang membajak artikel kita.

Saya merekomendasikan untuk menggunakan fasilitas gratis yang ada di http://www.copyscape.com, karena mempunyai kemampuan untuk melacak alamat url yang telah mengcopy artikel kita, selain itu tidak perlu sign up.

Mula-mula kita mengunjungi situs http://www.copyscape.com, maka kita akan melihat layar utama situs tersebut seperti dibawah ini:














Kemudian anda klik menu "Defend your site with a plagiarism warning banner", anda akan dihadapkan pada layar berikutnya, yang berisi macam-macam banner, anda pilih mana yang sesuai dengan selera dan blog anda.































Setelah memilih maka anda akan mendapatkan kode script HTML yang harus anda tambahkan pada blog anda nantinya.























Copy kode HTML tersebut, kemudian buka blog anda, klik menu "Tata letak" --> "Elemen laman" --> "Tambah gadget" --> "Edit HTML", kemudian anda paste kode HTML tersebut dan klik menu "Simpan".

























Selanjutnya anda lihat blog anda, maka dibagian kanan ( sidebar ) akan akan melihat banner yang telah berhasil dibuat.





















Mudah bukan ?, saya akan pasang banner ini sampai dengan postingan artikel saya yang ke 30, pada posting yang ke 31, banner copyscape akan saya hapus, karena sementara ini, saya masih memperbolehkan orang lain untuk mengcopy artikel saya dengan bebas.

Bersamaan dengan diluncurkannya artikel saya yang ke 31, saya akan mempublikasikan beberapa e-Book yang dapat anda download secara gratis.

Kalau anda lihat dua artikel dibawah ini, anda akan tahu bahwa artikel tersebut adalah 2 hal yang sangat berlawanan, yang satu tidak mengijinkan orang lain mengcopy artikel, sedangkan satunya malahan memberi fasilitas untuk mengcopy menjadi file PDF.
Jadi sekarang terserah anda mau memilih yang mana....!

Sukses selalu untuk anda .....






Artikel yang berhubungan :



0 komentar:

Posting Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan