Kamis, 07 Januari 2010

Tips 14 : Menyimpan file di server gratis (2)

Pada artikel Tips 13 saya sudah membahas cara menyimpan file pada server gratis Ziddu, sekarang saya akan jelaskan bagaimana cara menyimpan file di server gratis lainnya, yaitu Rapid Share.

Sebenarnya tata cara situs Rapid Share sama dengan Ziddu, hanya saja ada perbedaan mengenai fee yang diberikan, bila pada Ziddu, fee diberikan saat ada orang yang mendownload file kita (kecuali kalau kita sendiri yang men-download), sedangkan pada Rapid Share tidak bisa langsung, kita harus menjadi member premium dulu baru dapat memperoleh fee.

Kita kan memakai server gratis, jangan terlalu mengharap pada fee yang bakal kita peroleh, karena nilainya kecil sekali.

Okey... kita langsung saja mempelajari cara mengupload file ke Rapid Share...

Mula-mula kita harus masuk kedalam situs Rapid Share, yaitu di http://www.rapidshare.com, maka kita akan dihadapkan pada halaman utamanya seperti dibawah ini :



















Pada gambar diatas terlihat bahwa pada Rapid Share kita tidak perlu subscribe atau jadi member dulu, kita bisa langsung upload file.












Setelah lokasi file yang akan di upload anda isi ( ambil dari komputer ), maka klik tombol "upload", dan tunggu sampai proses upload selesai.



















Begitu upload selesai, Rapid Share akan membuat kode HTML seperti Ziddu yang akan dipergunakan sebagai alamat URL download kita.













Dengan terbentuknya kode HTML ini, maka anda dapat menggunakannya untuk membuat link download, seperti artikel saya yang terdahulu "Tips 12 : Cara membuat link download file", perlu diperhatikan bahwa umur file anda hanya 90 hari bila tidak ada yang mendownload.

Hanya saja untuk melihat file apa saja yang telah kita upload ke Rapid Share harus dengan sign up dulu, sama dengan Ziddu deh... :), setelah sign up, selanjutnya login dan klik menu collector's zone.












Supaya anda lebih aman, maka anda harus melindungi file anda dari hacker yang ingin mencuri file anda, klik gambar gembok, maka semua file anda akan diberi password, Rapid Share memberi 2 macam kode yaitu : account ID dan release code, yang nanti dipakai saat download, saya tidak menampilkan kodenya, anda coba saja sendiri, okey?

Kalau anda melihat file yang telah di upload, akan tampak seperti layar dibawah ini :











Anda juga harus membaca aturan main dari Rapid Share, supaya anda tidak membuat kesalahan baik dalam menyimpan maupun membuat link download.






Bagaimana? mudah bukan?, semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda... dan sukses selalu...








0 komentar:

Poskan Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan