Senin, 04 Januari 2010

Tips 13 : Menyimpan file di server gratis (1)


Pada artikel saya tentang membuat link download, saya singgung cara untuk menyimpan file yang akan didownload, tetapi saya tidak menjelaskan bagaimana caranya.

Ada yang bertanya kepada saya, bagaimana cara menyimpan filenya, karena dia tidak mempunyai hosting, memang banyak diantara kita yang masih belum mempunyai hosting sendiri, karena berbayar.

Sebaiknya memang menyimpan file pada hosting sendiri, karena tidak mungkin dihapus, kecuali kita yang menghapusnya. Saya juga memakai server gratis (sementara ini) dan saya menggunakan 2 server, yaitu Ziddu serta Rapid Share.

Mengapa harus 2 server?, saya khawatir saat mendownload file, koneksi terputus atau gagal, misalnya ada orang yang membeli file atau e-book, terus gagal mendownload?, kita bisa dianggap menipu. Sehingga server satunya adalah cadangan kalau download pertama gagal.

Pada bagian (1) ini saya akan membahas http://www.ziddu.com dulu...

Ziddu adalah situs penyimpanan file baik yang berupa artikel maupun gambar / foto atau video. Situs ini gratis, kapasitas penyimpanannya cukup besar dan gratis lagi. Selain itu bila ada orang yang mendownload file kita, Ziddu akan membayar kita, anda pasti suka ini :).

Mula-mula anda berkunjung ke situs http://www.ziddu.com dan anda akan dihadapkan pada layar sebagai berikut :




Anda harus register dulu untuk menjadi member, isi form register dengan data yang benar, karena ziddu akan mengirim email pada alamat email yang kita masukkan, untuk konfirmasi alamat email kita sudah benar atau tidak.





Setelah anda mengisi form dengan lengkap, klik tombol submit, maka anda sudah menjadi member dari ziddu. selanjutnya anda login dan mulai untuk upload file dari komputer anda.





Anda cari file yang akan di upload pada komputer, kemudian klik tombol upload





Tunggu sampai proses upload selesai, saya meng-upload file video .3gp dengan besar file 5.414 kb, proses upload berjalan selama 58 detik, cukup cepat untuk file sebesar itu.




Bila proses selesai maka anda akan mendapatkan link untuk mendownload file tersebut, link yang kita peroleh itu dapat dimasukkan kedalam blog anda seperti yang saya lakukan pada artikel Tips : 12, tentang cara membuat link download file.





Selain itu secara otomatis ziddu akan menampilkan form untuk mengirim file hasil download ke teman, atau orang yang telah membeli file / e-book dari anda, sangat sederhana.

Bagaimana, buat anda cara ini mudah bukan?..., artikel berikutnya mengenai penyimpanan file di Rapid Share, anda nanti dapat membandingkan, mana yang lebih efektif dan cocok bagi anda.

Berita gembira buat anda, sebagai janji saya terhadap proteksi file, bersamaan dengan artikel ini, copy protect pada blog saya hapus, sehingga anda dapat mengcopy artikel saya kembali. Hanya saja permintaan saya, bila anda akan copy-paste tolong ditulis sumbernya, atau anda memberi link ke blog saya, okey...?

Sukses selalu untuk anda .....






Artikel yang berhubungan tentang download :

1. Cara membuat link download file









2 komentar:

info mengatakan...

selamt malam mas?klak klik akhirnya sampai juga ke blog sampean,yah udah bekali2 aku baca.yah mau kucoba dulu. tapi ngomong2 apa bisnis ebook masih laku yah di Indonesia? masalahnya semua materi digoogel sudah ada,gemana ni mas? ko jadi pesimis ni. trms aku sudah bisa numpang belajar.

Raflesia Tirta mengatakan...

kalau pkek hp bsa gak mas untuk coba,soalnya pcnya lagi korup.

Poskan Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan