Selasa, 24 November 2009

Kompleksitas di Bisnis Internet

Mungkin anda heran.. lho apa hubungannya kok ada kompleksitas di bisnis internet?, memang... kompleksitas merupakan penyakit yang berbahaya bagi perkembangan bisnis internet anda.

Kita sering mendengar atau membaca bahwa untuk memulai bisnis internet, dianjurkan agar mempunyai produk sendiri untuk dijual, dan kalau tidak ada, yang paling mudah adalah menjual produk orang lain (reseller atau affiliate), sebenarnya susah nggak sih membuat produk?.

Jawabannya tidak susah, yang penting mau mencoba, buat yang sederhana dulu, misalnya cuman artikel yang panjangnya 2 lembar, its okey....., artikel adalah salah satu produk juga. Jadi anda tidak harus membuat ebook yang panjang dan kalau membuatnya butuh waktu 1 bulan sendiri.




Sikap yang salah pada saat ingin membuat produk, terutama produk informasi adalah :

  • Ingin membuat blog yang sempurna tampilannya.
  • Pada saat pertama posting, ingin menampilkan artikel yang isinya menarik.
  • Produk yang diluncurkan harus tebal, panjang dan berbobot.
  • Sudah pernah dibahas orang lain tidak, jangan-jangan salah kalah dalam membahas?.
Ingin membuat blog yang sempurna tampilannya, kalau hanya mengandalkan diri sendiri, anda akan berkutat terus merevisi tampilan agak bagus menurut anda. Saya juga sudah mengalaminya.. baca artikel "memburu informasi bisnis internet", akhirnya blog saya luncurkan juga meskipun masih harus dibenahi lagi.

Malu..?, awalnya ya.. tapi saya buang rasa malu itu, dengan harapan yang berkunjung mungkin masih lama.. dan tampilan blog sudah lebih baik.


Pada saat posting pertama ingin artikelnya langsung meledak.., sabar dulu..semuanya tidak bisa instant, ada waktunya nanti, produksi saja terus..


Produk yang diluncurkan harus tebal, panjang dan berisi banyak nasihat, jangan dulu isinya yang sederhana tapi berguna.


Sudah pernah dibahas orang lain, nggak apa-apa, gaya bahasa dan penekanan pada persoalan pasti beda, kecuali anda melakukan copy paste.


Apakah anda memang demikian...?, jangan takut banyak yang sama dengan anda.


Akibatnya apa?, anda akan berkutat dengan judul, daftar isi, kok isinya sedikit, tidak menarik, kayaknya semua orang sudah tahu, bisa saja pernah dibahas orang lain, tapi anda harus menggunakan pendekatan yang tidak sama. Sehingga banyak sekali yang anda pikirkan dan terlalu kompleks, kalau bisa dibuat sederhana kenapa harus kompleks?



Buatlah produk yang sederhana saja, tapi... orang akan tertarik, tidak perlu tebal, kalau tidak bisa menulis cukup 10 lembar saja. Saya banyak membaca produk informasi luar negeri milik teman yang isinya hanya 3 atau 4 lembar, tapi laku. Harganya juga tidak murah-murah amat, sekitar $ 8.49.


Contoh : anda bisa menulis tentang daftar website penyedia konten lagu gratis, disertai dengan cara mendaftarnya, jenis lagu yang dipunyai, berapa banyak lagu yang bisa di download secara gratis.


Sederhana, tapi banyak orang yang mencari, jangan terlalu mikir yang muluk-muluk, nanti dengan berjalannya waktu, anda dapat meluncurkan produk berikut yang lebih tebal dan lebih berbobot dan lebih menghasilkan.

Tips untuk mendapatkan ide produk secara cepat :
  • Anda punya hobby apa?
  • Ada pengalaman menarik tentang hobby ini?
  • Bisa anda tulis tanpa kesulitan?
Catat, dan tuliskan.....anda sudah punya ketiga unsur tersebut?, yup..anda sudah siap untuk mebuat suatu produk serta dapat segera anda luncurkan.

Bila anda tidak setuju.. tolong beri komentar agar saya dapat lebih baik lagi dalam berkarya.


Semoga sukses...............







0 komentar:

Poskan Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan