Senin, 23 November 2009

Berburu Informasi Bisnis Internet

Awal November 2009 saya memutuskan untuk ikut serta pada bisnis di internet, lho mengapa kok bisnis internet bukan yang lain ?, saya mendapatkan banyak informasi dari teman-teman bahwa bisnis internet itu enak dan gampang :
 1. Dapat dikerjakan di rumah
 2. Mudah dilaksanakan
 3. Informasi di internet banyak
 4. Mudah cara memasarkannya
 5. Mudah mendatangkan hasil


Sebagai pendatang baru dan masih awam tentang bisnis internet saya berusaha mencari banyak informasi baik dari buku, majalah.

Saya tidak tahu apa yang saya cari, sehingga waktu browsing seenaknya saja, tidak fokus dan tidak ada tujuan, pokoknya klik, satu minggu saya tidak mendapatkan apa-apa, malahan bingung, saya baca buku lagi dan mulai mencatat, yang paling seru itu berita apa sih. Akhirnya saya putuskan untuk memilih topik bagaimana cara mencari uang dengan mudah di internet.

Saya browsing web yang ada bisnis internetnya, wow.. tawaran yang menggiurkan betebaran, ada yang menjanjikan wajar-wajar aja, tapi banyak juga yang menjadikan bahwa untuk menjadi kaya itu nyaris instan, saya pikir kalau begitu banyak dong yang kaya mendadak karena terjun dibisnis internet.

Karena saya orangnya yang tidak terlalu suka bertanya ( kecuali kepepet ), maka saya tidak tahu bagaimana caranya menyaring semua informasi itu ( ini sikap yang tidak boleh ditiru ), saya masih tidak fokus dalam browsing, entah bagaimana saya juga sudah lupa. saat browsing saya klik salah satu iklan yang muncul dan saya dibawa ke situs http://www.formulabisnis.com.

Waktu itu saya sedang sibuk tender dan mau ngaso, jadi bacanya kurang teliti, disuruh klik, ya di klik aja, ninggalin email ya diberi, pas ketemu yang disuruh beli, saya langsung keluar, habis menurut informasi yang telah saya ketahui kan gratis ?. Selanjutnya saya tidak pikirkan itu lagi, karena sibuk saya lupa.

Selama 3 hari saya tidak buka email, saat dibuka ada 16 pesan masuk, salah satunya dari formulabisnis, menanyakan apakah tertarik untuk membeli ?, karena saya suka baca dan juga bonus yang diberikan banyak, akhirnya saya beli juga.

Saya baca ebook yang tipis dulu, nggak ngerti.. mau baca panduannya banyak benar, jadi saya print out dulu baru esok harinya membaca. Saya hanya bisa memberikan komentar bahwa buku ini hebat, berbobot dan mudah dimengerti arahnya, yang susah itu bagi saya yang gaptek internet bagaimana mulainya...

Saya browsing lagi mencari informasi lain.., yang namanya gratis saya print out..., terus dibaca, kayaknya yang diinformasikan sedikit-sedikit, jauh lebih lengkap yang dari formulabisnis, akhirnya saya baca buku panduannya lagi dan memutuskan untuk mencoba.

Saya ikuti langkah awalnya dulu, meskipun tidak tahu cara membuat blog, paling tidak saya pernah joint facebook, jadi tidak sulit-sulit amat, dan saya selesai membuat blog dalam 1 hari, saya awalnya puas, bisa membuat blog nih. Begitu diluncurkan dan lihat isinya, kok kosong ?, saya mulai bingung saya mau apa, nggak tahu apa yang akan ditulis, akhirnya saya asal menulis saja terus diposting. Saya lihat hasil postingnya, celaka.. masa ini yang akan saya tampilkan di blog ?... saya mulai gelisah dan malu kalau dibaca orang lain.

Besoknya saya coba ganti template dan menghapus artikel yang sudah saya tulis, kok tidak bisa ? saat dilihat yang tampil selalu template dan artikel awal, padahal artikel sudah saya hapus ... wah saya jadi panik, saya login ke formulabisnis dan ada artikel 14 kesalahan bisnis internet, saya download dan print out.

Saya sadar bahwa saya salah dalam melangkah, sebenarnya apa yang dijelaskan pada artikel tersebut biasa saja, saya malahan sudah menjalaninya dalam bisnis offline, tapi di bisnis online ini saya seperti mulai dari awal dalam bisnis. Saya buka kembali buku panduan formulabisnis (forbis), saya pelajari kembali, saya catat semua kesalahan saya, antara lain yang menurut saya cukup fatal :
  1. Tidak mencari tahu bentuk blog yang baik itu bagaimana ?.
  2. Tidak ada persiapan artikel sama sekali.
  3. Tidak membuat tujuan secara skematis.
      Habis buat blog terus apa, selanjutnya bagaimana,
      saya butuh apa sebagai alat bantu ?

Akhirnya saya merubah cara untuk mulai melangkah, saya siapkan 10 artikel dulu, kemudian cari bentuk template blog yang ideal bagaimana, saya pakai default yang 2 kolom dulu, tapi yang bagus 3 kolom, nanti pasti saya ganti. Saya pelajari situs tempat iklan, cara dan syaratnya, print out dan catat dulu jawabannya.

Saya hapus blog yang pertama, dan membuat blog baru seperti yang anda lihat sekarang ini kemudian saya posting pengalaman saya ini, mungkin anda sama seperti saya, semoga posting ini berguna.
Kalau dilihat blog saya masih sederhana, tapi saya sudah lebih puas dan saya punya rencana medio Januari 2010 sudah lebih bagus lagi.

Saya memerlukan komentar dan saran yang membangun dari teman-teman, supaya saya dapat lebih baik dalam tampilan maupun artikel saya nantinya. Bila anda tertarik dan ingin mengetahui apa itu formulabisnis dapat anda klik http://www.formulabisnis.com

Percaya diri itu harus... tetapi membuka diri jauh lebih baik......

0 komentar:

Posting Komentar

Anda dapat mengisi komentar pada kotak yang disediakan